Sekuel 3 Dara Angkat Cerita Bapak Rumah Tangga

Jakarta: MNC Pictures telah merilis trailer dan sinopsis untuk film sekuel 3 Dara 2. Ketiga tokoh utama, yang diperankan Tora Sudiro, Adipati Dolken, dan Tanta Ginting, menghadapi masalah baru terkait identitas gender lelaki dan perempuan. 

Jika dalam film pertama, ketiga tokoh “dikutuk” menjadi perempuan karena kelakuan misoginis, film kedua menampilkan mereka bertiga bertukar peran dengan istri masing-masing. Afandi, Jay, dan Richard terpaksa menjadi bapak rumah tangga, menggantikan istri yang bekerja di luar rumah. 

“Mereka tidak hanya menjadi ibu rumah tangga. ‘Ibu rumah tangga’ itu sebab-akibat atas apa yang mereka lakukan,” kata produser Toha Esa dalam konferensi pers di CGV Grand Indonesia Jakarta, Senin, 24 September 2018.

Menurut Toha, masalah yang diceritakan dalam film ini relevan dengan situasi sekarang. Ada cerita tentang suami yang bekerja lebih keras demi “tujuan mulia”, ada pula tentang istri yang akhirnya kerepotan karena ambisi suaminya. 

“Mungkin itu nanti ketika lihat (filmnya), orang akan sangat nyambung dengan kejadian dan kekonyolan suami ini. (Kisahnya) keseharian dan di luar keseharian, tujuannya baik, tetapi ternyata membuat satu masalah ke masalah lain,” ungkap Toha. 

Produser kreatif Lukman Sardi menyebut 3 Dara 2 sebagai film komedi yang mengajak orang untuk menertawakan diri sendiri. 

“Bayangkan nanti menonton, tiba-tiba ketawa sendiri karena merasa bahwa ‘Ini gue banget’ atau ‘Ini suami gue banget’. Hal ini coba kami angkat ke permukaan karena lagi-lagi, film itu cerminan dari kehidupan, mau itu komedi atau apapun. Kami berusaha menghadirkan senyata mungkin, tetapi dari sisi komedinya supaya kita bisa menertawakan diri kita sendiri,” tutur Lukman. 

Tora Sudiro, yang kembali berperan sebagai Afandi, mengaku terbiasa dengan peran bapak rumah tangga dalam kehidupan sehari-hari. Dia dan istrinya sama-sama menekuni profesi aktor, tetapi istrinya relatif lebih sibuk. 

“Gue sudah biasa melakukan pekerjaan ibu rumah tangga di rumah. Misal memasak, mencuci, menyemir sepatu, menyiapkan baju ketika istri mau berangkat syuting. Adalah, pasti pernah mengalami yang seperti ini di kehidupan sehari-hari, tetapi mungkin agak dilebihkan (di film ini) biar lebih seru,” ujar Tora. 

Tanta juga kembali berperan sebagai Richard. Dia mengaku sempat pesimis dengan proyek film kedua karena merasa cerita film pertama sudah usai. Namun begitu membaca sinopsis, Tanta antusias. 

“Begitu dikasih sinopsis tentang menjadi ibu rumah tangga, nah itu keren banget karena banyak banget konflik, apalagi yang sudah jadi orangtua, bapak, sewaktu mengurus anak, belanja, itu beda banget. Wah ini bakal menyenangkan. Lihat daftar pemain, wah ini bakal lucu banget sih,” ungkap Tanta. 

3 Dara 2 diarahkan Monty Tiwa dengan naskah garapan Monty, Nataya Bagya, dan Fatmaningsih Bustamar. Selain mereka bertiga, pemeran lain yang terlibat adalah Cut Mini, Fanny Fabriana, Rania Putrisari, Ovi Dian, Dwi Sasono, dan Soleh Solihun. 

3 Dara 2 dijadwalkan rilis di bioskop pada 25 Oktober 2018.

(ASA)