Malam Anugerah Piala Citra 2018 akan Digelar di Jakarta

Jakarta: Komite Festival Film Indonesia memberi sejumlah kabar terbaru tentang gelaran festival tahun ini dalam konferensi pers di XXI Metropole pada Senin, 1 Oktober 2018. Salah satunya adalah rencana bahwa Malam Penghargaan Piala Citra akan digelar lagi di Taman Ismail Marzuki Jakarta, sama seperti dua tahun silam. 

Lukman Sardi, yang kini menjabat Ketua Komite FFI 2018-2020, menyebut kota ini dipilih demi efisiensi hal-hal teknis karena kebanyakan pelaku industri film berada di Jakarta. Perpindahan ratusan orang dan alat ke luar kota tentu butuh biaya besar.

“Bukan berarti kita melihat daerah enggak penting, tetapi secara teknis, (lokasi Jakarta) akan mempermudah,” kata Lukman. 

“Kalau kita omong tayangan tv, berapa banyak dana kalau kita harus bawa pergi keluar? Berapa banyak dana untuk membawa ratusan orang dari Jakarta keluar? kami cenderung melihat ke sisi praktis,” lanjutnya.

Namun menurut Lukman, bukan berarti daerah lain tidak terlibat. Mereka punya sejumlah program yang akan berlangsung di sejumlah kota besar dengan basis penonton film besar. Misalnya Makassar, Medan, dan Yogyakarta. 

Malam Penghargaan Piala Citra hanyalah satu dari sekian program FFI 2018. 

“Jadi, daerah tetap punya andil. Kami akan ke daerah-daerah, bentuknya entah lokakarya atau acara komunitas. Kami juga bawa pelaku industri film ke sana sehingga mereka juga terlibat, merasakan bahwa perjalanan FFI sudah dimulai,” tutur Lukman. 

“Jakarta itu sekadar penyelenggaraan (acara utama) karena secara teknis, akan sulit kalau kita bawa (manusia dan alat) ke luar. Sebenarnya kita melibatkan daerah juga,” imbuhnya.

Sejak FFI dihidupkan kembali pada 2004, tempat seremoni puncak berpindah-pindah, mulai dari Jakarta, Riau, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Palembang, Banten, hingga terakhir Manado. Bahkan untuk Jakarta, lokasi acara juga tidak tetap. 

Mulai tahun ini, dengan pembentukan komite dengan masa kerja periodik, FFI diharapkan menjadi program berkelanjutan dan tidak harus “memulai kembali” setiap tahun. Lukman menjadi ketua komite yang berisikan Catherine Keng, Edwin Nazir, Lasja F Susatyo, Nia Dinata, dan Coki Singgih. 

Nomine Piala Citra akan diumumkan pada Selasa, 6 November 2018. Film-film yang layak nominasi adalah yang sudah tayang berbayar dan mendapat Surat Tanda Lulus Sensor dalam kurun waktu 1 Oktober 2017 hingga 30 September 2019.

(ASA)